Senin, 16 Februari 2009

TUGAS SKENARIO PENKES KLIMAKTERIUM
Diperankan oleh :
Kartika Sari.D sebagai bidan
Rina Chandrasari sebagai pasien
Tanti Fitriyana sebagai moderator

( Pada suatu hari Ny.Y datang ke Bidan X untuk berkonsultasi tentang keadaan yang dialaminya ,Ny.Y merasa ada yang aneh pada dirinya, ia takut menderita suatu penyakit yang parah.Sesampainya di tempat bidan X,Ny.Y mengetok pintu dan mengucapkan salam....)

Ny.Y : Assalamualikum,permisi bu...
Bidan.X : Waalaikumsalam,mari bu silakan masuk,silakan duduk
Ny.Y : Iya bu,terima kasih
Bidan.X : bentar ya bu ditutup dulu tirainya,Sebelumnya perkenalkan dulu saya bidan X,ada
yang bisa saya bantu?
Ny.Y : oh...iya bu,saya cuma mau konsultasi saja kok
Bidan X : Sebelumnya dengan ibu siapa ya?
nY.y : Saya ibu Y
Bidan X : Umur...?
Ny.Y : 48 tahun
Bidan.X : Pekerjaan ibu?
Ny.Y : Saya hanya ibu rumah tangga
Bidan.X : Alamat/ibu tinggal?
Ny.Y : Aromasari Rt 09/Rw 01 Sukorejo kendal
Bidan.X : Gimana bu?
Ny.Y : Begini bu,sudah 1 tahun ini haid saya tidak teratur,saya takut kalau terjadi apa-apa
bu......
Bidan.X : baik bu,kira-kira ibu mendapatkan haid yang terakhir kapan?
Ny.Y : Saya haid terakhir kira-kira 3 bulan yang lalu
Bidan.X : selain haid ibu tidak teratur,keluhan apa lagi yang ibu rasakan ?
Ny.Y : Setiap malam saya sering kepanasan,lalu sering pusing dan sulit tidur bu.....
Bidan.X : Apa ibu sering marah,merasa pegal-pegal,sering kesemutan dan mudah capek?
Ny.Y : Iya bu,apakah saya sakit parah?
Bidan.X : oh,ibu tidak usah khawatir,dengan melihat kondisi ibu yang seperti sekarang ini,
apalagi umur ibu sudah mencapai 48 tahun kemungkinan ibu sedang mengalami
masa klimakterium
Ny.Y : Masa klimakterium itu apa to bu?
Bidan.X : masa klimakterium itu adalah masa peralihan antara masa reproduksi dimana ibu b
bisa hamil ke masa senium/masa tua,masa ini bukanlah suatu bahaya tetapi masa
yang normal dialami semua wanita,masa ini berlangsung beberapa tahun sebelum
dan sesudah ibu berhenti haid.Ini terjadi karena hormon estrogen dalam tubuh ibu
mulai menurun,bila selama ini ibu haid teratur setiap bulan,pada masa ini haid ibu
mulai tidak teratur,bisa lebih cepat atau lebih lama waktunya,sampai akhirnya ibu
tidak akan haid lagi.Selain haid tidak teratur gejala yang sering timbul antara lain
ibu mudah tersinggung,cepat lelah,depresi,dan sulit tidur.sedangkan gangguan saraf
yang tarjadi adalah rasa panas pada muka,banyak keringat terutama pada malam
hari juga sakit kepala.
Ny.Y : Oh begitu ya bu,terus bagaimana cara mengatasinya bu?
Bidan.X : Ibu harrus mulai hidup sehat dengan cara makan makanan bergizi serta pengaturan
diet tinggi kalsium dan rendah lemak.saya sarankan juga ibu menurunkan berat
badan,olahraga dan tidur teratur untuk mengurangi resiko teknan darah tinggi.ibu
juga harus banyak ibadah untuk menyeimbangi antara kebutuhan jasmani dan
rohani.Bila diperlukan ibu juga bisa berkunjung ke dokter spesialis obstetri dan
ginekologi atau spesialis kandungan untuk terapi hormonal.Apakah penjelasan saya
bisa dimengerti?
Ny.Y : iya bu saya mengerti
Bidan.X : ada yang perlu ditanyakan lagi?
Ny.Y : Tidak bu....
Bidan.X : Kalau ibu sudah mengerti,tolong diulangi penjelasan saya tadi
Ny.Y : Iya,melihat gejala-gejala yang saya alami,kemungkinan saya sedang mengalami
masa klimakterium dan apa yang saya alami adalah hal yang wajar dan akn dialami
oleh semua wanita,jadi saya tidak perlu khawatir.
Bidan.X : Apa saja yang harus ibu lakukan dengan keadaan seperti itu bu?
Ny.Y : Saya harus mulai hidup sehat dengan makan-makanan bergizi,diet rendah lemak
dan tinggi kalsium,olahraga teratur dan bila perlu datang ke dokter spesialis untuk
terapi hormonal
Bidan.X : Jadi mulai sekarang ibu tidak usah khawatir
Ny.Y : Iya bu kalau begitu saya permisi dulu,dan terimakasih banyak bu
Bidan.X : Iya bu sama-sama,bila ada keluhan lain silakan ibu datang kesini
Ny.Y : Iya bu,assalamualaikum
Bidan.X : Waalaikumsalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hai....tinggalkan komentar ya!!!!